Apri for Human Being

this is not my blog, this is my log ….

Archive for the ‘Investasi’ Category

Emas tidak membuat kita tambah kaya!

with 17 comments

Judulnya salah? Ndak koq, judulnya bener, bener banget malah! Lah koq?

Berhubung males jelasin tetek bengeknya kita gunakan perumpamaan saja. Misal sampeyan punya emas, setahun yang lalu nilainya 350.000/gram dan sekarang nilainya sekitar 430.000/gram. Lah bener kan nilainya naik 80.000 dalam setahun, berarti tambah kaya donk? Ya ndak lah, bukan sampeyan yang tambah kaya, tapi nilai mata uang yang turun terhadap emas. Koq gitu? Lah emang gitu kan? Mau contoh. Sejak dari jaman Rasulullah Muhammad saw. harga 1 ekor kambing adalah 1 dinar. Apakah sekarang 1 ekor kambing sama dengan 1 dinar? Mari kita teliti. 1 dinar = 4,25 gram emas. Bila dikonversikan ke nilai rupiah sekarang (430.000/gram), nilainya sekitar 1.827.500. Nah sekarang berapa harga kambing yang layak/standard untuk qurban? Sekitar 1,8 juta juga kan. Maka dengan itu terbukti, sudah 1400 tahun harga kambing tidak berubah, tetap 1 dinar 🙂

Baca entri selengkapnya »

Iklan

Written by apri

6 Juni 2011 at 17:07