Apri for Human Being

this is not my blog, this is my log ….

Ketika Anak Terkena Flu Singapura atau Penyakit Kaki, Tangan dan Mulut (Hand, Mouth and Foot Desease)

leave a comment »

Mau berbagi saja, kejadiannya ini kira-kira 2 bulan yang lalu. Awal mulanya saya sekeluarga berencana menjenguk keponakan saya yang baru sembuh dari penyakit cacar air, selain itu istri kakak ipar saya, yang ibunya keponakan saya itu setahu saya sedang dirawat di rumah sakit karena Flu Singapura/Penyakit Tangan, Kaki dan Mulut.

Sesampainya disana ternyata istri kakak ipar saya sudah pulang dari rumah sakit, alhamdulillah, jadi sekalian jenguk. Disinilah awal mulanya. Sebelumnya saya tidak tahu kalau Flu Singapura itu merupakan penyakit yang penularannya cepat, meskipun penderita sudah dalam tahap penyembuhan. Dua hari sesudahnya, anak saya yang paling kecil mendadak demam. Besoknya muncul bentol-bentol yang sebelumnya saya kira cacar air karena penampakannya mirip cacar air. Hari itu juga disertai kakaknya yang ikut-ikutan demam. Saat itu juga saya berkesimpulan bahwa kedua anak saya terkena cacar air. Kesimpulan itu saya ambil karena kami telah menjenguk keponakan saya yang baru sembuh dari cacar air 3 hari sebelumnya. Tetapi saya juga sempat ragu, karena kedua anak saya sudah mendapat imunisasi cacar air.

Esok harinya, kami tambah panik, kedua anak saya muncul bentol-bentol lebih banyak dan lama-lama tidak seperti cacar air, tetapi seperti penyakit kutil yang diderita manusia akar. Pokoknya, sangat tidak sedap dipandang, ditambah lagi keduanya tambah rewel karena ternyata banyak muncul sariawan di mulut mereka. Tanpa pikir panjang, kami segera membawa ke dokter.

Dari diagnosa dokter, disimpulkan bahwa anak saya terkena Penyakit Kaki, Tangan dan Mulut atau HMFD (Hand, Mouth and Foot Desease), jadi istilah Flu Singapura sendiri sebenarnya tidak tepat. Kebetulan dokter anak ini orangnya baik dan sabar sekali, jadi selama berkunjung, beliau lebih banyak memberikan informasi terkait penyakit tersebut dan tata cara penangannya. Berikut beberapa informasi yang bisa saya bagikan.

Penyakit Kaki, Tangan dan Mulut adalah penyakit yang akan sembuh dengan sendirinya, jadi tidak usah panik. Guna mendukung nutrisi anak, sedangkan pada bagian mulut sendiri muncul banyak sariawan yang menyebabkan anak susah makan, ganti makanan anak dengan yang lebih lembut, semisal bubur dan jus buah. Pastikan juga anak jangan sampai kekurangan cairan. Air putih sangat berguna membantu anak agar tidak dehidrasi. Untuk mengobati bentol pada kulit, cukup gunakan bedak gatal seperti salicyl atau herocyn.

Bila demam, tidak perlu panik, berikut petunjuk yang perlu diperhatikan. Tips ini juga berlaku untuk demam biasa:

  1. Bila demam, ukur suhu anak setiap 4 jam.
  2. Yang disebut demam adalah, bila suhu tubuh anak melebihi 37,4 derajat celcius
  3. Bila suhu anak melebihi 38,5 derajat celcius maka perlu obat. Bila dibawah itu, lebih baik dikompress atau diberi minum air putih yang banyak

Pemberian obat demam juga tidak bisa sembarangan. Memang benar kita bisa melihat petunjuk pemakaian pada kemasan obat, tetapi takaran obat sebenarnya ditentukan oleh berat badan anak. Bila demam diatas 38,5 derajat, alangkah baiknya dibawa ke dokter.

Selain itu, selama anak terkena Penyakit Kaki, Tangan dan Mulut, ada beberapa hal yang perlu dicermati. Bila hal-hal dibawah ini muncul pada anak, segera bawa ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. Yang perlu diamati yaitu:

  1. Kesadaran menurun atau kurang tidur
  2. Kejang-kejang
  3. Muntah-muntah hebat
  4. Ada tanda dehidrasi antara lain:
    1. Mata cekung
    2. Mulut kering
    3. Tidak buang air kecil dalam 8 jam atau lebih atau buang air kecil sedikit
    4. Turgor atau elastisitas kulit turun
Proses penyembuhan biasanya memakan waktu 3 sampai dengan 5 hari. Bentol-bentol nantinya akan mengering dan terkelupas dengan sendirinya. Biasanya anak atau bahkan orang tuanya suka gemes melihat bentol-bentol yang mengering dan cenderung mengelupasnya. Meskipun tidak meninggalkan bekas bila dikelupas, lebih baik hal tersebut dihindari.

Demikian, semoga bermanfaat.

Written by apri

29 Mei 2012 pada 08:00

Tinggalkan Balasan

