Apri for Human Being

this is not my blog, this is my log ….

Review: Nokia Lumia 710

leave a comment »

Saya akan sedikit mereview barang yang kali ini digilir ke beberapa member Iklangadget, yaitu Nokia Lumia 710. Mengingat sudah banyak review di internet, kali ini saya mereview dari sedikit sisi yang dapat saya eksplorasi mengingat barang ini hanya saya pegang sebentar karena kesibukan di kantor.

Paket Penjualan
Paket penjualan terdiri dari handset, baterai, kabel data micro usb, charger dan earphone.

Impresi Fisik
Waktu melihat warna putih, semua pasti lgsg berpikir putihnya sama seperti seri iPhone. Hanya saja karena ini Nokia dan dibenamkan Windows Phone 7, tentu akan berbeda dari iPhone. Pada sisi depan terdapat layar 3,7 inci yang diatasnya terdapat tulisan Nokia dan diatasnya lagi berderet dari sebelah kiri sensor cahaya, proximity sensor dan speaker phone. Sayang tidak terdapat kamera depan untuk video call. Pada sisi bawah berturut-turut dari sebelah kiri ada tombol back, windows dan search. Ketiga tombol ini menyatu dalam satu hardkey panjang berwarna bening. Dibawah tombol panjang ini terdapat lubang micropphone. Pada sisi atas berturut-turut dari sebelah kiri terdapat slot micro USB, jack 3,5 inci dan tombol power. Pada sisi kiri hanya terdapat satu lubang yang digunakan untuk melepas casing belakang guna menempatkan batere atau micro sim. Pada sisi kanan berturut-turut dari bagian atas terdapat tombol volume up dan down serta tombol kamera. Tidak terdapat apapun pada sisi bawah, hanya pada bagian pojok kanan terdapat lubang untuk handstrap. Pada sisi belakang terdapat kamera 5 megapixel yang dibekali dengan flash. Pada sisi belakang bawah terdapat speaker. Menurut saya, fisik Nokia Lumia 710 ini tidak ada yang menarik, kecuali warna putihnya (bagi yang menggemari warna putih), bentuk juga cukup, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Layar 3,7 inci sudah cukup nyaman digunakan.

Sistem Operasi dan Aplikasi
Beberapa fanboy Nokia mungkin menyayangkan kenapa produsen handset sebesar Nokia tidak membenamkan Android pada handsetnya. Mungkin kehadiran Windows Phone yang saya coba ini akan sedikit memberikan gambaran kenapa Nokia melakukan hal tersebut. Windows Phone 7 menurut saya lebih iOS-ish. Maksudnya, smoothness, ketergantungan dengan Zune mungkin dianggap sebagian orang sebagai olok-olok meniru konsep iOS. Berbeda dengan android yang dianggap menjiplak iOS dalam sisi tampilan, terlebih lagi TouchWiz Samsung atau MIUI ROM. Tetapi untuk simplisitas, saya akui Windows Phone lebih simple dibandingkan Android bahkan lebih simple dibandingkan Apple. Smoothness dari Windows Phone ini tidak lebih karena spesifikasi Windows Phone yang menuntut spesifikasi hardware yang tinggi. Seperti pada Nokia Lumia 710 ini yang dilengkapi dengan Prosesor Snapdragon 1,4 Ghz serta RAM 512 MB dengan unit pengolah grafis Adreno 205. Selain itu Windows Phone juga mendukung Multitasking dengan cara menekan agak lama tombol back. Fitur-fitur Windows Phone 7 yang lain mungkin rekan-rekan bisa cari sendiri di internet. Saya akan bahas kelebihan yang ada pada Nokia. Nokia menambahkan Nokia Drive dan Nokia Maps. Nokia Drive lebih mirip turn by turn navigation yang didukung oleh Nokia Map. Jujur Nokia Map lebih lengkap dan lebih detil daripada Google Maps yang dibenamkan di Android maupun iOS. Bahkan jalan tembus dibelakang komplek rumah saya muncul di Nokia Maps, sedang di Google Maps tidak. Sayang saya tidak bisa explore lebih jauh karena ketika saya mencoba membuka Marketplace, ternyata country/region tidak support dan sampai tulisan ini dibuat, saya belum sempat menemukan solusinya.

Antar Muka dan Layar
Bila melihat layar ClearBlack display Nokia Lumia 710 yang menggunakan Gorilla Glass ini, memang tidak jazzy seperti Retina Display atau ajep-ajep seperti Super Amoled atau nge-blues seperti S-LCD. Layarnya biasa saja, hanya tampilan Windows phone 7 yang membuat layar ini menjadi menarik. Perpindahan menu sangat smooth, 11-12 dibandingkan dengan iOS. Tampilan menu yang simple didukung oleh Metro UI yang elegan, tentu akan membuat beberapa orang penggemar Nokia akan tertarik untuk meminangnya. Ke-biasa-an layar muncul ketika kita gunakan untuk menampilkan gambar atau foto.

Multimedia
Tampilan layar sudah saya bahas sebelumnya, video dan musik tidak saya coba karena keterbatasan saya instalasi Zune dan pemindahan data. Namun ketika saya mencoba beberapa ringtone, suara yang muncul di speaker belakang cukup jernih, begitu pula ketika saya menggunakan earphone, lumayan jernih, tetapi cenderung lumayan, tidak begitu wah. Kamera 5 megapiksel mampu menangkap gambar dengan baik karena dilengkapi dengan autofocus. Sayang, pada kondisi cahaya minim, hasil tangkapan cenderung biasa saja. Tetapi untuk foto luar ruangan, kamera ini dapat diandalkan. Ditambah lagi fitur macro yang dapat menangkap gambar dengan baik pada posisi dekat.

Konektifitas dan Data
Seting jaringan data sangat mudah digunakan. Kecepatan data tentu berbeda masing-masing operator. Sinyal wi-fi dapat ditangkap dengan baik, serta didukung setingan proxy beserta otentifikasinya untuk access point yang menggunakan proxy. Bluetooth ternyata tidak bisa digunakan untuk memindahkan file, sepertinya hanya digunakan untuk audio A2DP. Konektifitas ke komputer tergantung dengan Zune.

Kesimpulan
Bila Anda pertama kali menggunakan smartphone dengan segala kelebihannya sedangkan anda gaptek, Nokia Lumia 710 ini mungkin bisa jadi pilihan. Didukung dengan lebih dari 75000 aplikasi yang terdapat di marketplace (klaim Microsoft) tentu kedepan Windows Phone akan bisa bersaing dengan sistem operasi mobile lainnya. Buat Anda yang memiliki budget terbatas dan ingin mencicipi Windows Phone, Nokia Lumia 710 ini bisa jadi pilihan dengan segala keterbatasannya. Internal memory yang hanya 8GB tanpa ada kemungkinan menambah kapasitas penyimpanan melalui external memory perlu juga dijadikan pertimbangan

Written by apri

22 Maret 2012 pada 09:52

Ditulis dalam gadgets

Tagged with , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: