Apri for Human Being

this is not my blog, this is my log ….

Pilih Motor Indonesia, India atau Thailand?

with 4 comments

Sebenernya ini posting iseng, hasil blog walking di beberapa blog2 yang membahas motor. Berawal dari isu spyshot Yamaha YZF R15 lansiran 2011 dan keinginan banyak orang (terutama FBY) serta sindiran motor ilusi (dari FBH biasanya :D) mari kita telisik motor-motor yang beredar di Indonesia.

Secara umum, motor yang beredar di Indonesia kebanyakan berasal/turunan dari 3 negara yaitu negara kita sendiri, negeri gajah putih dan negeri bollywood. Dari 3 negara ini, memiliki kelebihan dan kekurangan masing2. Sudah banyak yang membahas kelebihan dan kekurangan masing2, mari kita cek dari sisi user dan dari negara mana motor tersebut berasal😀

Di pabrikan garputala (slogannya kan semakin didepan, jadi saya ulas duluan :D), pada varian bebek ada Vega ZR, Jupiter Z yang (klo ga salah) asli Indonesia, disini kedua motor ini minim masalah sampai saat ini. Di varian matic, lexam, mio, mio soul dan xeon yang bawaan gen dari thailand juga tidak banyak permasalahan yang berarti. Mari kita tengok varian sport😀 Kasus amblesnya shock Scorpio even facelift klingon jadi salah satu kekurangan produk yang asli Indonesia ini. Bukan hanya itu, kasus homesteer oblak vixion yang asli indonesia juga jadi satu kekurangan. Tidak sampai disitu, kasus pecahnya segitiga penyangga setir byson juga menambah permasalahan varian sport pabrikan garputala, ditambah lagi kasus inden byson yang sebenernya lambatnya suplai part byson dari india (ini kata kakak ipar saya yang kerja di yamaha :D)

Pada pabrikan sayap kepak, di varian bebek seperti absolute revo, revo AT yang asli thailand dan supra X serta blade yang (klo ga salah) asli indonesia minim masalah. Pada varian skutik, vario, beat, vario techno dan scoopy yang turunan thailand, “fitur” bletak menjadi satu kekurangan😀 saya kurang tahu apakah di negeri gajah putih juga ada fitur tersebut karena disana varian matik ini berteknologi injeksi semua. Honda spacy yang turunan jepang? Sepertinya fitur bletak ini masih ada juga (kyknya ini permasalahan mesin karbu matic AHM deh). Di varian sportnya, CBR 250R yang asli thailand minim masalah, tiger yang asli indonesia masih harus berjuang dengan rantai kemrosoknya😀 lebih2 rangak coakan New Mega pro yang asli indihe😀

Di pabrikan berlogo S, semua lineup bebeknya yang asli indonesia minim masalah, varian maticnya yang asli thailand (kecuali hayate yang asli vietnam) minim masalah kecuali skywave yang suka ngorok. Begitu pula suzuki thunder yang asli indonesia juga minim masalah.

Merujuk pembahasan diatas (saya cuman mengambil 3 pabrikan teratas saja sebagai contoh), motor2 thailand mendominasi motor2 yang minim masalah. Indonesia juga memiliki motor2 yang minim masalah, permasalahannya, yang mengalami minim masalah untuk varian asli indonesia adalah varian bebek. Jadi, pusat R&D pabrikan di Indonesia mendingan riset varian bebek aja deh, klo thailand suka2 dia lah, wong hampir semua gen bikinan thailand bagus2 koq😀

Untuk varian matik, sepertinya indonesia belum bisa R&D sendiri, jadi memang lebih baik mengambil dari tetangga atas. Untuk varian sport, mendingan indonesia gak usah riset juga deh😀 hampir semua motor sport dengan gen indonesia semuanya bermasalah. Lalu ambil darimana? Kalau menilik contoh diatas, mengambil motor dari gen India juga bukan pilihan tepat, karena pertimbangan2 diatas, masih banyak PR yang harus diselesaikan pabrikan bila mengambil basis motor india. Untuk varian sport, mungkin lebih baik mengambil basis thailand, atau sekalian eropa. belum lagi masalah suplai sparepart yang dialami byson bahkan pabrikan asli india semacam bajaj, itu patut jadi pertimbangan.

Kembali ke permasalahan awal soal YZF R15, kalau beneran YMKI berani ngeluarin😀, menurut saya, coba YMKI mempertimbangkan mengambil YZF R125 eropa. Soal negosiasi pengadaan sparepart dll menurut saya bisa dibicarakan. Pasti yamaha global dan yamaha manapun di belahan dunia bakalan mau support YMKI, lah wong YMKI pendukung utama yamaha global koq.

Apakah ini saya menyarankan YMKI mundur dari persaingan motor sport fairing 150cc? Oh tidak, justru saya menyarankan YMKI menyasar segmen kosong sport pemula, sport 150cc menurut saya sudah sesak. Lagipula menurut saya bila memang YMKI berhasil nego, YZF R125 menurut saya bisa dijual lebih murah dari rencana harga launching CBR 150😀 kalaupun ngotot YMKI menelorkan YZF R15, yang jadi pertanyaan banyak pihak adalah, mau dibanderol berapa? bermasalah seperti motor india lain ndak ? bagaimana ketersediaan partnya? Silahkan menilik kasus Byson VS New Mega Pro dan CBR 250 VS Ninja 250, kasus bajaj dan lain2.

Demikian uneg2 saya, kalau ada pembahasan diatas yang salah, mohon maaf🙂

Written by apri

21 Juni 2011 pada 08:13

4 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. weits bakalan menyusul trio blogger motor neh ( mas taufik, mas tri dan bro satar )

    semangka .. semangat ka apri … 😀

    hendito

    21 Juni 2011 at 08:39

  2. kalo saya mah,, HOnda selalu di hatii :”).. salam kenal

    ruhul jadiid

    21 Juni 2011 at 21:21

  3. […] sekarang tinggal YMKI gimana nih, berani nantangin, kagak ikutan, atau main segmen lain seperti saran saya kemarin? Soalnya, kalau emang mau dilawan, bisa saja CBR150 ini cuman pancingan yang lain …. […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: