Apri for Human Being

this is not my blog, this is my log ….

Wildcard pada MySQL

with 3 comments

Wildcard, klo diartikan secara harfiah adalah kartu liar, liar dalam arti dia bisa digunakan kapan saja dan berlaku untuk siapa saja. Seperti juga di MySQL, pada saat melakukan query tertentu, kadang kita memerlukan sebuah kriteria tertentu dari isi field pada table. Wildcard yang umum digunakan oleh para DBA adalah tanda persen (%) bila mencari suatu data yang mengandung karakter tertentu, misal:

SELECT * FROM karyawan
WHERE nama LIKE ‘%adi%

Dari query diatas bisa saja nongol nama2 karyawan seperti adi, kadi, adik, sumadi, aditya dll yang mengandung kata ‘adi’. Tetapi, keperluan kriteria tidak hanya sampai disitu, misal kita mencari karyawan yang terdiri dari 4 karakter dengan akhiran adi, jadi kira2 yang muncul nanti namanya, tadi, kadi, radi, sadi dll, jika menggunakan kriteria “WHERE nama LIKE ‘%adi'” tentu saja nama sumadi bakalan juga muncul, lalu bagaimana caranya? Ternyata wildcard di MySQL tidak hanya tanda persen (%) saja, dan ada beberapa wildcard lain, apa saja itu?

  1. %
    Tanda ini gunanya untuk pengganti karakter baik tidak ada maupun banyak
  2. _ (underscore)
    Tanda ini untuk menggantikan satu karakter, jadi misal anda mencari nama orang yang terdiri dari 4 karakter dengan akhiran adi, maka bisa menggunakan klausa: “WHERE nama LIKE ‘_adi'”
  3. [karakter]
    Digunakan untuk klausa dimana terdapat karakter dalam kurung siku tersebut. Contohnya, kita ingin mencari nama karyawan yang memiliki karakter a, d dan i. Jika menggunakan klausa “WHERE nama LIKE ‘[adi]%'” maka semua karyawan yang namanya memiliki karakter a, d dan i akan muncul.
  4. [^karakter] atau [!karakter]
    Tanda ini adalah kebalikan wildcard No. 3, yaitu karakter yang ada dalam tanda kurung tersebut tidak akan muncul, contohnya “WHERE nama LIKE ‘[!adi]%'” maka nama karyawan yang mengandung karakter a, d dan i tidak akan muncul.

Demikian, semoga bermanfaat, ini juga nemu gara2 puyeng mau misah2in kelompok lapangan usaha di NPWP buat dipisah2in ini masuk Industri, Jasa atau Dagang >_<

*eee malah curhat*

Written by apri

6 Juni 2011 pada 12:04

Ditulis dalam command & conquer

Tagged with , , , , , , ,

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Om, kalo mo bikin NPWP karyaman kemana om?

    Cah Gemblung

    6 Juni 2011 at 12:20

  2. Thank you, menambah pengetahuan saya akan SQL!
    Keep posting, がんばって。。あきらめてはいけない!

    ミスタアシンプル

    3 Juli 2012 at 22:13


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: