Apri for Human Being

this is not my blog, this is my log ….

Strategi AHM Yang Tidak Akan (Malu Jika) Dipakai YMKI

with one comment

Gara2 baca blognya Mas Priyadi dan terinspirasi dari blognya si Komeng, saya jadi ikutan pengen nge-blog juga😀 Dan ini tumben2an saya nulis soal analisa dunia roda dua, wong saat ini saya lagi getol jadi pengamat alutsista ….

Baik, mari kita mulai diskusinya, kalau sampeyan baca di tulisannya si Komeng, tentang Grand Strategi AHM , saya jadi terusik buat nulis analisa saya ini. Soal peluncuran Revo Fit dan New (baca: Ganti Stripping) Supra X 125, sebenarnya gampang banget buat YMKI menebak arah strategi AHM. Kenapa? Kalau baca tulisan itu, sebagai orang awam sebenernya gampang banget nebaknya. AHM masih punya kartu truf dari produk yang ada. Maksude piye?

Awal mulanya, semua FBH pasti berterimakasih sama YMKI, karena gara2 YMKI, AHM jadi ngamuk bertelor produk baru terus sampek banyak banget variannya sampek FBH bingung beli yang mana (yang akhirnya beli semuanya karena beda2 segmen). Dan sayangnya (menurut saya) AHM ngamuknya gak tanggung2, ngeluarin produknya juga gak kayak sebelum2nya, produk yang dikeluarin boleh dibilang berkualitas (sedikit diatas) kompetitornya. Soal harga juga kompetitiflah, meski beberapa lebih mahal (sedikit) dari kompetitor, tapi soal fitur boleh diadu. Fitur? Fitur apa? Banyak! Mulai dari fitur keselamatan, kualitas bahan dll.

Mbulet? OK, Sekarang langsung ke contoh deh. Liat Revo Fit? Pengurangan sedikit fitur berbuah pada pengurangan harga sekitar 400rb. Itu baru dari absolute revo loh? Gimana yang lain? OK, saya coba buka (yang menurut saya) kartu truf AHM. Ada beberapa jajaran produk AHM yang memiliki fitur yang tidak dimiliki kompetitor lainnya. Dan fitur unggulan tersebut bisa jadi merupakan alasan konsumen memilih produk AHM. Pertanyaannya, gimana kalau fitur2nya dicabut sehingga produk tersebut sekelas dengan kompetitor? Mau contoh?

  1. Honda Beat, lawan yang disasar jelas Yamaha Mio, harga juga selisih 100-200rb. Masalahnya adalah, gimana kalau fitur Side Stand Switch, Secure Key Shutter dan Parking Brake Lock di Honda Beat ditiadakan terus dinamain Beat Fit dan harganya dikurangin beberapa ratus ribu? Inget kasus Vario Techno CBS yang didowngrade jadi Non CBS kan😀
  2. Revo AT, lawannya jelas Lexam yang harganya lebih mahal ampir sejutaan. Gimana kalau AHM nambah varian Revo AT bermesin karburator😀 …. sama kasusnya kayak CBR250, klo AHM bisa produksi sendiri dan seperti kebiasaan AHM yang sudah2 dengan meng-karburator-kan mesinnya untuk pasar Indonesia😀

Menurut saya, YMKI seharusnya ga perlu malu sama black campaignnya dulu soal ganti casing dll, dan seharusnya klo mau nelorin produk gak perlu nanggung!! Selama ini YMKI cuman bisa berstrategi dengan varian warna sama cast/spoke wheel dimana alternatif terbatas pada pilihan itu saja.

Satu lagi yang saya cermatin dari YMKI yang Juragan Rondo dan Si Komeng bilang terbawa permainan AHM. Inget kasus Byson? Beberapa blogger berpikir YMKI smart dengan melakukan pencurian moment peluncuran Yamaha Byson saat peluncuran Honda New Mega Pro. Dan sebenernya ini strategi AHM berhasil memancing si kebo naik ke permukaan dengan harapan si Giant Killer bakal terganggu (meski pada kenyataannya tidak). Dan imbasnya, inden Byson yang keteteran sampe beberapa kalangan ga tau klo yamaha punya motor sport yang namanya byson karena ga pernah nongol di tipi😀 Koq ga nongol di tipi? Lah klo ditongolin di tipi bisa berabe indennya, skrg aja 3 bulan dapet udah syukur😀

Di saat YMKI sibuk urusan Byson, AHM malah gila2an memperkuat pasukannya dan YMKI seolah terfokus pada satu hal dan hal lain sedikit terabaikan. Terus ngomong ngalor ngidul iki maksude opo?

YMKI gak usah malu mengikuti langkah AHM, misal ganti casing dengan nama beda, gak perlu repot2 upgrade mesin naik 5 cc dari sebelumnya demi mempertahankan omongan sebelum2nya, produk yang udah waktunya ganti juga harus BURUAN DIGANTI!!! ENTAH FACELIFT, GANTI CASING, GANTI NAMA …. TERSERAH!!!! KALAU MEMPERTAHANKAN SATU PRODUK KARENA LAKU DAN GA DIGANTI2 NAMANYA BUNUH DIRI PELAN2! Belajarlah dari kasus AHM dulu dimana mesin motor bebek cuman ada 100cc terus dan baru launch ngikutin kompetitor tahun 2007/2008-an keluarin produk 110cc.

Satu lagi, jarang banget AHM menggunakan black campaign dalam iklannya. BLACK CAMPAIGN ITU PEMBODOHAN OTOMOTIF!!!! Gak usahlah jelek2in produk kompetitor, mendingan gak usah sindir kompetitor dalam iklan, mendingan iklan 15 atau 30 detik itu buat nampilin fitur2 unggulan, buat apa bayar mahal2 cuman buat cari dosa jelek2in orang lain!!!!! Apalagi undian2 milyaran itu, itu menunjukkan bahwa YMKI udah kalang kabut gak punya strategi akhirnya main duit … klo di politik namanya money politik!! Kalaupun mau main money politik ya diem2an aja lah di dealer, gak usah diumbar2 di media, sampek2 calon milyader dishooting satu2 … weeewww

Last, beberapa blogger mungkin menyarankan agar YMKI menyerahkan tahta tahun ini (emang kmrn2 dapet tahta :D) sama AHM. Itu saran yang tepat, mendingan (selain saran saya diatas) sekarang fokus ke penyelesaian kasus inden Byson (yang menurut saya blunder itu) serta memikirkan dari awal strategi mana yang salah, mana yang perlu diperbaiki dan bagaimana strategi kedepan. Kalau emang petinggi YMKI rajin baca blogger2 otomotif, disitu sebenarnya (apalagi org2 yang jago strategi marketing di YMKI) sudah bisa kebaca loh strategi AHM seperti apa. Ini malah strategi marketingnya pilih cara instan via undian *geleng2*

Monggo dishare klo setuju/ndak setuju. INGET YMKI!!! ANDA TULANG PUNGGUNG YAMAHA GLOBAL!!!

Written by apri

7 April 2011 pada 12:17

Ditulis dalam Motor

Tagged with , , , , , , , ,

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. no women no cry
    no money no donk YMKI

    PERTAMAX

    7 April 2011 at 18:02


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: