Apri for Human Being

this is not my blog, this is my log ….

Kelebihan iOS, Android dan BB OS yang saling membunuh

with 20 comments

Baiklah, yang mau ngakak silahkan😀 Yang blm tahu, biasanya klo sampeyan baca twitter atau facebook saya, saya cenderung berat sebelah ke Android (karena saya punya banyak alasan untuk diperdebatkan :D) dan tumben2an sekarang saya ngomongin dari sisi netral (padahal ndak netral2 juga sih :D) …. so, mari kita lanjutkeun.

Eh, ada yang protes … pembantu sebelah ga diikutin? Nokiyem? Nokiyem ga jelas, Symbian ga jelas, Meego gak jelas, WP 7 itu juga mau gara2 nerima duit dari Mikocok, jad ndak saya ikutin disini …. biarlah Nokiyem berjuang di segmen low-mid melawan serbuan HP Negeri Panda. Lanjut ….

BB OS (Blackberry)

Siapa yang tidak kenal benda yang satu ini, akhir2 ini marak di indonesia gara2 artis2 pada pake, bisa dipake begaul (socmed maksudnya), interface yang simple (model2 PalmOS, tapi tidak sesimple PalmOS) dan barang wajib bagi penyalur gosip (tag Nokiyem connecting people kayaknya diambil sama buah item ini). Sebenernya apa sih mesin fitur pembunuh utamanya?

Blackberry tidak hanya menjual Handset, tapi juga menjual layanan data karena untuk itulah handsetnya dibuat. Kenapa layanan data jadi fitur pembunuh? Karena sebenarnya bila kita menggunakan handset BB, maka handset tersebut lebih optimal bila kita berlangganan layanan BB, kenapa? Karena BB dalam layanannya memiliki jaringan dan server tersendiri dan setiap data yang lewat, oleh RIM dienkripsi dan di compress, sehingga data seperti email dll menjadi sangat kecil. Karena data yang lalu lalang di enkripsi, tentu soal keamanan tidak diragukan + data lewat yang kecil juga tidak memerlukan bandwidth yang besar + koneksi cenderung stabil (kecuali emang operatornya dudul) sehingga itulah sebab kenapa batere BB lebih awet meski dipake seharian. Berbeda dengan 2 pesaingnya yang murni menggunakan jaringan operator yang digunakannya.

Fitur lain yang jadi mesin pembunuh (yang katanya setelah ini tidak membunuh lagi) yaitu BBM alias Blackberry Messenger + fitur Groupnya. Kenapa membunuh? Bukannya banyak Messenger seperti YM!, Gtalk, Skype, MSN, ICQ dll? Yap, tetapi dengan memiliki BB, sampeyan punya id pribadi (PIN) dan ndak perlu repot2 daftar dulu seperti pada messenger yang lain, selain itu fitur kemudahan sharing file, foto, video pada BBM maupun pada Group jadi Nilai tambah BB.

Ada lagi? Ndak ada … kita lanjut yang lain😀

 

iOS (iPhone, iTouch, iPad)

Nah klo yang satu ini sebenernya ada yang pernah bilang saya benci banget sama buah kroak ini. Seperti pernah saya posting di beberapa socmed, blog dll, saya ndak pernah membenci suatu orang/produk kecuali orang/produk itu melakukan black campaign atau menjelek2an suatu produk lain. Ini yang saya ndak suka. Saya suka produk Apple, tapi ulah para fanboys dan beberapa orang Apple yang tidak etis yang bikin saya anti sama produk ini. Baiklah, kembali ke pembahasan. Emang klo punya barang yang satu ini (selain BB) bisa di anggep kita orang berada😀 ya boleh dibilang bisa naikin status sosial lah =)) wong barangnya ndak ada yang murah (ini juga salah satu alasan saya gak seberapa demen :D) tapi dibalik itu semua, OS satu ini menyimpan senjata mematikan😀 Apa itu?

I’m a pioneer …. mungkin itu yang dibilang om setip jop waktu ngeluarin iPhone, dan kemudian vendor lain berbondong2 mengikutinya termasuk yang jadi korban pertama kali adalah si Mikocok Windows Mobile. Ya, iPhone memang memberikan revolusi baru dalam dunia Smartphone, simplisitas dan user experience yang berbeda ditampilkan. Ini yang jadi salah satu mesin pembunuh …. selain naikin gengsi tadi tentunya …. kalau saya sarankan …. jangan jelek2in iPhone kalau belum mencoba😀 (saya udah coba, makanya berani jelek2in :P) rasakan feelnya … then you decide … love it …. or hate it😀

Hal berikutnya yang lebih dari OS ini adalah manajemen aplikasi yang baik. Waktu awal2 keluar, iPhone dicemooh karena gak bisa copy paste (toh tetep laku juga) dan ndak bisa multitasking. Dan akhirnya diperbaiki meski bukan multi tasking. Lalu dimana hebatnya? Sistem multi tasking iOS berbeda dengan device kebanyakan. di iPhone, bila kita sedang menjalankan suatu aplikasi kemudian akan berpindah ke aplikasi lain, aplikasi yang terlebih dahulu kita buka tadi akan di pause oleh sistem, hingga suatu saat kita membukanya maka aplikasi itu baru jalan kembali. Kelebihannya? Tentu saja dalam hal penghematan energi batere. Koq bisa? Aplikasi dengan sistem multi tasking murni, bila berpindah aplikasi, aplikasi lama cenderung berjalan di background, tentu saja ini menguras power😀 Disinilah kecemerlangan otak insinyur di Apple. Selain itu, mereka juga SAY NO TO FLASH karena bila menggunakan flash maka akan meningkatkan kinerja prosesor dan tentu ini bikin tekor power😀 …. Weeeww baru kepikiran yah sampeyan? Segitunya yah😀 hehehe

Ada lagi? Monggo para fanboy menambahkan😀

 

Android

Well, hehehe klo bahasannya yang satu ini panjang ya mohon maaf, bukan karena saya defender, tapi karena ini saya tulis apa adanya😀 Android datang sebagai OS alternatif dari OS smartphone yang sudah ada, dan setiap vendor boleh mempergunakannya secara GRATIS!!! Saya ndak mau panjang lebar preambulenya, lgsg ke keunggulannya yah.

Pertama …. tentu kalau dilawankan dengan iOS, Android punya multi tasking murni yang karena hal ini menjadikan Android punya tampilan home ciamik yang bisa dimodifikasi + ditambah widget dan juga bisa menjalankan Flash (dengan handset yang punya prosesor tertentu yang support flash). Imbasnya adalah kebalikan di iOS dan BB OS dimana Android adalah OS yang paling boros batere!!!! …. Lalu apa mesin pembunuhnya ….

It’s Google Thing …. Google menjadi raja internet … apa2 yang google punya bisa anda miliki di handset ini … mau apa coba hehehe ….

Hal lain yang paling penting yang menjadi mesin pembunuh adalah it’s ….. FOSS alias Free and Open Source Software. Tidak pada BB yang OS-nya susah dimodifikasi atau iOS yang propretary alias tertutup …. bila anda sudah memiliki android …. anda bebas itu OS mau diapain …. mau contoh?

Android adalah handset boros batere …. semua tahu itu😀 tapi kalau anda bisa (seperti saya :D) memodifikasi yang namanya sysctl …. Nexian Journey saya dengan ROM Froyo Apanda biasanya cabut charge jam 6 pagi ketemu jam 6 malam lagi, itu batere tinggal 20% …. dengan saya utik2 itu sysctl …. sekarang jam 6 malam masih sisa 60%😀 kalau BB OS dan iOS kayaknya ga perlu beginian😀 kalau BB mah gampang tinggal nambah extended batere atau bisa juga beli batere box kayak iphone😀

Tahu handset Android pertama? Yup, HTC G1 alias HTC Dream …. tau OS yang nempel pertama disitu? Cupcake alias Android 1.5😀 Apakah bisa dipasangin OS Android terkini, misal Android 2.3 Gingerbread? Bisa! Asal ada yang ngembangin😀 Disini kelebihannya, karena free, siapapun bisa ngembangin OS bahkan untuk device jadul pun. Coba liat nasib BB atau iOS … iPhone 2G dapet OS4? BB 8320 dapet OS5 or BB8520 dapet OS6? …. mereka bilang hardwarenya ndak support😀 …. lah ini Nexian Journey saya juga dibilang jadul hardware ga support Gingerbread tapi buktinya running smooth tuh😀

Kelebihan lain Android adalah Cloud! Ya, semua data anda disimpan di internet😀 jadi ganti handheld pun ga perlu komputer, cukup sync ke akun google anda😀 ya mungkin ada bbrp backup yang bisa dibuat di external memory😀 …. but …. saya ga takut ganti2 OS seperti saya takut ganti2 OS seperti device lain

Apalagi ya ….. oiya banyak yang pake …. maksudnya disini banyak vendor yang menggunakan OS ini .,… jadi OS ini ndak stuck …. ndak seperti Windows Mobile …. meski banyak yang pake tapi yang ngembangin cuman Mikocok doank😀 …. bahkan kalau anda beruntung membeli device OEM …. maka bersiap2lah bingung ganti2 OS … seperti Nexian Journey sayah😀

 

Well …. segini aja nulisnya deh (udah mau pulang :D) terlepas dari racun2 yang saya berikan …. mudah2an hal2 diatas bisa membantu sampeyan memilih handset sesuai kebutuhan sampeyan dan bukan gengsi sampeyan (makan tuh gengsi :D) …. kalau mau ada yang nambahin monggo dikomen🙂

Appendix:

Written by apri

7 April 2011 pada 16:54

Ditulis dalam gadgets

Tagged with , , , , , ,

20 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. nice posting bro! seru bacanya!

    vwx a.k.a capelah

    10 April 2011 at 16:04

  2. wah…next artikel androidx ditambah mas bro

    Az147r

    19 April 2011 at 18:22

  3. org yg bwt postingan ini pasti latah tingkat tnggi (mrp2 mpo ati gtu),pke hp bwt gengsi2n fungsi utma na ga di pke, gw tmbhn android os skrg semi opensource,n android jg mnang di interface doang. android eclair,froyyo,gingerbear,dst system na sring crash,bktina 2h galaxi tab gak smwa app yg ad di android market bsa di instal, (too bad)

    tris

    2 Mei 2011 at 23:54

    • Wah, maksudnya latah tingkat tinggi gimana ya mas? darimana anda tahu hape saya dipake apa? sudah baca postingan saya yang lain? Android, semi open source? menang interface doank maksudnya menang tampilan dimananya ya?? Aplikasi2 apa aja yang crash diinstal di gtab?

      Saya tunggu klarifikasinya🙂 Atau sampeyan cuman mau pamer punya gtab dan nggak tau gimana cara mempergunakannya dengan benar?

      apri

      3 Mei 2011 at 01:47

  4. IPhone juga bisa cloud computing bro pake aplikasi dropbox, flash pake skyfire and now ada f-browser, muter2 format video ada cinexplayer, download mp3, film, buku dll pake download pro. Tapi yg bikin ane demen imovies sama gem2 aduhai gan macam infinity blade, terus ane juga kesengsem sama ipad pas tmn ane presentasi pake keynote nya, juga tuning2 di garageband, wah GG lah ios gan, cuman 1 sih gan kurang nya wallpaper nya monoton (ane sih gak demen oprek2 gan IMHO )

    bijikadut

    7 Mei 2011 at 01:59

    • Om, klo sampeyan cloud computing itu menggunakan aplikasi dropbox berarti pemahaman anda tentang cloud computing sama seperti orang yang anda puja yaitu steve jobs😛

      apri

      28 Juni 2011 at 08:08

  5. hehe, terima kasih buat inponya gan, ane makin kebelet nih sama android

    tacuul

    21 Mei 2011 at 06:22

  6. Ane jg sneng paké android, soalx gampang cari app pihak ketiga, ngga ribet kaya iphone musti harus minta ijin sm si i tunes

    Mamanz

    2 Juli 2011 at 13:22

  7. MUNAFIK “saya ngomongin dari sisi netral” apanya yang netral??? jelas2 ngrendahin vendor lainnya… saya rasa anda hanyalah sebagian dari orang bego gak punya duit yang cuma mampu beli android… uda pernah nyoba iOS 5? uda pernah nyobain yang namanya Jailbreak and ribuan aplikasi dibalik “CYDIA” ?.. yang kamu tau dari iOS cm luarnya aja, belum sampe dalemnya… sorry bukan ane nyombongin iOS.. Buldshit kalo orang bilang gaget iOS mahal, harga tab sama iPad hampir sama samsung dg ipod touch juga g beda jauh… pesen ane,, kalo niat mau posting buat compare gaget yang adil donk,, di iOS sama BB ente cuma posting luarnya aja,, tp giliran di android ente posting sampe dalem2nya,, kalo minim pengetahuan gak usah posting.. malu2in aja… mending Loe ganti aja judulnya “KELEBIHAN ANDROID DIBANDING iOS DAN BB” karena yg ane liat ente ninggi2in android dibanding lainnya…

    FROYO46

    9 September 2011 at 16:15

    • Mas, situ anak kipas apel ya😀
      coba baca postingan saya yang ini: “tumben2an sekarang saya ngomongin dari sisi netral (padahal ndak netral2 juga sih ) …. so, mari kita lanjutkeun.”

      Ya saya emang orang bego and gak punya duit dan cuman mampu beli android, aya pernah punya BB selama 1 tahun, pernah punya iOS (iPhone 3GS) selama 2 minggu😀

      Sekarang saya tanya balik sampeyan, Cydia saya pernah nyoba, skrg apa motivasi sampeyan jailbreak iOS? install2 aplikasi bajakan karena gak mampu beli kan? Jangan bilang nggak, pasti salah satu motivasi sampeyan itu. iOS 5? Baca deh post ini saya bikin sebelum iOS 5 nongol, dan saya sempet preview iOS 5 intinya? SHare to twitter from picture, slide down notification apa itu bukan contekan android😛

      Coba situ bikin post tandingan ,ntar saya comment deh😀

      apri

      26 September 2011 at 10:51

    • Lo liat lahBERAPA JAUHNYA GTAB sama Ipad … Ipad cuma buat maen GAME DOANK … GAK GUNA …

      DUDUDU

      2 April 2012 at 17:15

  8. Mantep nih bos! Idup Android! Btw junet saya juga udah ginger loh hahaha *toss

    aldo

    25 September 2011 at 18:31

    • om, ane pengen tau kelebihan tuh android!

      bisa add fb and gak?

      andrx

      12 November 2011 at 23:52

  9. ANDROID IS THE BEST,,,,

    FATUR

    17 Februari 2012 at 13:05

  10. wahh..ngejek”in iPhone.. -_-”
    iPhone tetap d cap sebagai hp Mewah mas Bro..
    ga kya android d semua hp, kyak hp esia, hp segala umat..
    hahaha…

    andri

    30 April 2012 at 17:08

    • Loh, kan emang mahal, android modal 1 jeti juga dapet

      apri

      1 Mei 2012 at 10:48

  11. Gan-…kira2 Ap kelebihan Iphone 5??

    Syarif

    9 Agustus 2012 at 16:34

    • Barangnya aja belum nongol hehehe

      apri

      19 Agustus 2012 at 08:45

  12. owe pngguna nokieyem..
    Gk ikut komen bnyk-bnyk.
    Sukses trus bwat android,ios,bbos, dll(wlaupun ga punya)..
    Yooo..

    rifky

    10 Maret 2013 at 18:31


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: