Apri for Human Being

this is not my blog, this is my log ….

Sileighty: Mobil hasil mutilasi!

with 4 comments

Judulnya ngeri yo ada mutilasi segala😀 Yup, memang begitu adanya. Buat anda yang cuman penggemar biasa otomotif mungkin jarang mendengar nama mobil ini. Tapi bagi anda penggemar drift dan penggemar JDM, pasti anda setuju dengan saya klo mobil ini salah satu legenda😀

Toyota AE86

Bagi anda yang demen drift, mobil drifting legenda yang ada di benak anda pasti adalah Toyota Corolla Sprinter Trueno (atau Toyota Corolla Levin) atau penggemar biasanya menyebutnya Toyota AE86. Begitu melegendanya AE86 sampe si DG (Drift God …. saya ganti God soale udah bukan kategori King lagi si dia :D) Keiichi Tsuchiya bilang AE86 adalah mobil dengan chasis terbaik yang pernah dibuat dan sangat cocok untuk drifting. Tak heran sampe2 si Pembalap Rally Nasional Rifat Sungkar pun mengkoleksi mobil ini dengan plat B 86 AE.

Saingan terdekat AE86 ini adalah Nissan Silvia S13 (yang sejaman dengan AE86) dan S14 serta S15 yang jadi momok di kejuaraan Drift manapun. Nissan S13 ini punya sodara kembar yang lebih modis, bermodel coupe dengan lampu pop-up yang bernama Nissan 180SX. Terus apa hubungan pembahasan ini dengan judul?

Nissan 180SX

Saya bahas awal mulanya dulu. Semenjak Nissan Silvia S13 discontinue pada tahun 1994, praktis Nissan 180SX melenggang sendirian (tentunya masih ada penerusnya S13 yaitu S14). Berawal dari kejadian pemilik 180SX yang balapan (dijalan) dan rusaknya bagian depan mobilnya, maka mau gak mau pemiliknya membeli bagian depannya yang terdiri dari bemper, lampu pop-up, kap mesin dan bagian samping, ternyata setelah beli resmi ke Nissan e.. ndilalah harganya mahal rek.

Nissan Silvia S13

Maka (sama kayak org indo) mereka cari alternatif, karena 180SX ini punya sodara kembar Nissan Silvia S13, siempunya coba nanya2 apakah bagian depannya S13 ini bisa dipasang di 180SX. Dan jawabannya sama pakde! Bahkan front end S13 ini lebih murah dan lebih ringan bobotnya daripada punya 180Sx yang lebih seksi karena lampu pop-up itu. Maka tanpa ba-bi-bu, digantilah pake S13 dan e.. temen2nya kepincut banyak yang ganti.

Karena tren ini, akhirnya menginspirasi Toko Otomotif di Jepang yang bernama Kids Heart (yang akhirnya digandeng Nissan) membuat varian resmi/asli dari penggabungan 2 mobil ini yang diberi nama Sileighty/Sil80 yang berasal dari kata SILvia oneEIGHTY (Silvia 180). Mobil hasil fusion 2 sodara kembar ini hanya dibuat sekitar 400-500 buah saja dan hanya dijual sepanjang tahun 1998 di dealer resmi Nissan di Jepang. Tak heran, karena produknya yang terbatas, mobil ini (Sileighty resmi, bukan modifan) jadi buruan para kolektor.

Nissan Sileighty

Lalu kenapa nggak para pemilik 180SX me-mutilasi sendiri atau cari half-cut S13 sendiri dan memasangnya di 180SX miliknya? FYI, Sileighty yang dijual resmi melalui dealer Nissan spesifikasinya berbeda dengan 180SX. Nissan Sileighty memiliki kelebihan ECU yang lebih baru, suspensi yang lebih keras guna mempermudah mendapatkan oversteer untuk melakukan drift, peningkatan kemampuan LSD, serta peningkatan boost dari turbocharger dari 0.5 bar m(7 psi) menjadi 0.9 bar (13 psi) dimana bisa meningkatkan power mesin SR20DET yang hanya 205HP menjadi 230HP.

Karena kelangkaannya saat itu, tak heran dengan harga yang sama dengan Nissan Sileighty, anda bisa memboyong Nissan GT-R R32. Saking populernya kendaraan ini di kalangan drifter, sampe2 mobil ini jadi salah satu penantang Takumi Fujiwara di Initial D dan dikendarai oleh Mako dan Sayuki. Beberapa orang kenalan saya yang orang “mampu” saja tidak bisa mendapatkan (jangankan memasukkan kesini) varian asli (bukan modifan) mobil ini. Sampai akhirnya mereka menyerah dan memilih S15 sebagai tunggangan mereka😀 Apalagi saya hehehehe …. (cuman bisa ngences)

Written by apri

28 Februari 2011 pada 09:38

Ditulis dalam Mobil

Tagged with , , , , , , ,

4 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ada lagi :

    Onevia : Silvia pakai front-end 180SX

    S13.5, S14.5 : Silvia generasi lama pakai front-end S15 / Strawberry Face

    Odyvia : Silvia pakai lampu & front-end depan Honda Odyssey RB2

    pedal2themetal

    2 Maret 2011 at 06:59

  2. salam kenal.saya juga maniak initial d.waktu maen ps2 granturismo 3 aku tadinya bingung.karena sewaktu dijepang dulu belum pernah ketemu nih mobil.kalau silvia,skyline,imprezza sering lihat.
    setelah googling.baru tahu.ternyata langka.makanya jarang yg punya.

    gaplek mania

    4 Maret 2011 at 22:39

    • Inggih mas, tadinya saya penasaran sampe akhirnya naksir berat hehehe. BTW sileighty udah nongol sejak Gran Turismo 1 loh😀

      apri

      7 Maret 2011 at 21:14


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: