Apri for Human Being

this is not my blog, this is my log ….

Command and Conquer: Lebih jauh tentang menampilkan dan menggabungkan file

leave a comment »

Setelah mempelajari perintah $ cat pada tulisan sebelumnya, ada beberapa perintah lain yang bisa membantu kita melihat dan menangani isi file. Seperti melihat beberapa baris awal atau terakhir dari sebuah file, mencari sebuah string di sebuah file dan dibawah nanti akan saya bahas sedikit tentang menangani penggabungan file dan membuang baris duplikat/yang sama/dobel.

Sebelumnya kita bikin file baru ya, silahkan copas perintah dibawah trus disave yah🙂

$ nano cobain.txt

123456
abc123
def456
abc123
456def
123abc
123456
ghi789
789ghi
10j10j

Udah? Klo udah, yuk kita mulai😀

head

Perintah head sama seperti perintah $ cat yaitu menampilkan isi file. Kalau kelebihan cat kita bisa menggabungkan 2 atau lebih file menjadi 1 file, head bisa mencetak bagian awal baris dengan menambahkan opsi berapa baris teratas yang mau ditampilkan:

$ head -5 cobain.txt
123456
abc123
def456
abc123
456def

perintah diatas melihat 5 baris teratas file cobain.txt

less

perintah less sama persis dengan perintah $ cat, bedanya file ditampilkan di layer baru (kayak model editor vi atau nano gitu)

$ less cobain.txt

perintah ini lebih cocok buat liat script yang panjang. untuk keluar dari layer, tekan “q”.

tail

Perintah tail berfungsi sama dengan perintah $ head, kalau head kita lihat baris awal, sedangkan tail kita melihat baris terakhir, misal:

$ tail -3 cobain.txt
ghi789
789ghi
10j10j

Perintah ini bisa digabungkan dengan head, misal kita ingin melihat 3 baris terakhir dari 5 baris awal dari file cobain.txt. Artinya kita ingin melihat baris ke 3, 4 dan 5 dari file cobain.txt:

$ head -5 cobain.txt | tail -3
def456
abc123
456def

fungsi ini sangat berguna untuk melihat baris dari sebuah script yang error🙂

more

Perintah ini mirip dengan $ cat dan $ less, yaitu untuk menampilkan isi file:

$ more cobain.txt
123456
abc123
def456
abc123
456def
123abc
123456
ghi789
789ghi
10j10j

Dengan opsi -d bisa memberikan interaksi lebih pada keterbatasan layar terhadap script yang panjang, misal:

$ more -d cobain.txt
123456
abc123
def456
abc123
456def
123abc
–More–(60%)[Press space to continue, ‘q’ to quit.]

Perintah more juga bisa dikatakan mirip dengan $ head dan $ less, misal kita ingin menampilkan isi file dari baris ke 4, cukup kita tambahkan opsi +num4, contoh:

$ more +num4 cobain.txt
abc123
456def
123abc
123456
ghi789
789ghi
10j10j

Bisa juga digunakan untuk menampilkan string, misal string/kata “ghi789” cukup ditambahkan opsi +/ghi789, misal:

$ more +/ghi789 cobain.txt

…skipping
123abc
123456
ghi789
789ghi
10j10j

banyak opsi lain pada perintah ini, lebih jelasnya silahkan baca manualnya🙂

touch

Perintah ini berfungsi untuk merubah timestamp suatu file, bisa juga digunakan untuk membuat file baru semacam perintah nano. Misal kita ingin merubah file cobain.txt. Pertama kita lihat dulu timestamp file cobain.txt

$ ls -l
total 232
——–skip——–
-rw-r–r–  1 apriyanto apriyanto    70 2010-06-07 21:38 cobain.txt
——–skip——–

Disitu terlihat file cobain.txt dibuat pada 7 Juni 2010 jam 21.38, sekarang kita ganti timestamp file tersebut menjadi 1 Mei 2009 jam 15.15 15 detik, maka perintahnya:

$ touch -t 200905011515.15 cobain.txt

disitu terlihat bahwa format touch menggunakan format YYYYMMDDhhmm.ss, sekrang kita lihat file cobain.txt:

$ ls -l
total 232
——–skip——–
-rw-r–r–  1 apriyanto apriyanto    42 2010-06-07 21:24 coba_gabung.txt
——–skip——–

Nah sesuai dengan yang kita mau kan🙂 ebaidewei, saya dulu pernah ngakalin file model begini gara2 telat ngumpulin tugas kuliah xixixi alesan saya waktu karena ada tugas kantor (emang beneran ada tugas) tapi tugasnya baru saya kerjain setelah lewat tanggal ngumpulin😛 *pengakuan dosa*

Nah sekarang ada kasus nih, ini berdasarkan pengalaman salah seorang teman. Dia punya 3 handphone, pastinya bukan handphone murah, wong bisa sync sama outlook di jendela koq. Nah masalahnya 3 handphone ini ada beberapa kontak yang sama antara handphone satu dan yang lainnya, tetapi banyak juga kontak yang ada di satu handphone tapi nggak ada di handphone lain. Nah dia pengen semua handphone itu kontaknya sama semua, soalnya dia mau jual salah satu atau salah dua dari handphone itu. Klo gabungin di outlook jelas gak mungkin bisa sinkron, pasti ada yang keapus entah kontak di outlook atau kontak di handphone yang di sync. Trus solusinya gimana?

Tunggu episode selanjutnyah😀

Written by apri

8 Juni 2010 pada 10:27

Ditulis dalam command & conquer, linux

Tagged with , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: