Apri for Human Being

this is not my blog, this is my log ….

Command and Conquer: Perintah untuk menaklukkan linux :)

with one comment

Tujuan semula blog ini saya bikin sih semula bukan untuk share :p tapi buat simpanan saya sewaktu2 saya hilang ingatan, jadi gampang gitu nelusurin saya udah ngapain aja …. etapi bisa aja dianggep share soale ini kan ruang publik, siapa aja bisa akses dan baca … jadi ya sutralah sekalian *pembukaan gag jelas*

Nah, skrg mulai serius *bismillah* …. sebenernya selain Free dan Open Source, Linux sebenarnya melatih kita agar lebih rajin dan tidak tergantung dengan sebuah aplikasi yang berbasis GUI, karena di linux sendiri sudah dibekali dengan perintah2 yang cukup powerful untuk menguasai sebuah komputer, dalam hal ini sistem operasi linux itu sendiri.

Berbeda dengan jendela, bila menemui suatu masalah, maka pengguna jendela cenderung mencari aplikasi yang tepat *dan tentu saja berbasis GUI* untuk membantu tugasnya, hal ini salah satunya yang membuat sistem operasi tersebut bertambah berat karena tergantung dengan aplikais berbasis GUI, palagi klo GUI-nya bagus banget, padahal setahu saya sejak mikocok mengeluarkan vista, kebutuhan hardware untuk menjalankan sistem operasinya saja sudah cukup berat. Bagaimana dengan linux?

Seperti saya contohkan pada posting saya yang lalu, meski berbasis command line, aplikasi seperti wget-pun bisa sangat powerfull dibandingkan dengan aplikasi download manager sejenis. selain itu masih banyak perintah2 dasar linux yang sebenernya menurut saya lebih simple daripada aplikasi berbasis GUI. Hal ini yang membuat linux mempunyai salah satu kelebihan. Dengan adanya sistem root dimana semua user tidak bisa seenaknya mengubah sistem dan memaksa user harus menggunakan otorisasi root melalui command line untuk memodifikasi sistem dan aplikasi lainnya.

Meski aplikasi2 berbasis command line perlu diinstall juga, tetapi kita lebih bebas melakukan modifikasi. Dengan berbekal command line juga, kita diajari untuk mengetahui arsitektur atau susunan dari aplikasi atau sistem operasi karena kita akan diarahkan ke folder2 dimana tersimpan file untuk dieksekusi, plug-in yang berhubungan dengan aplikasi lain, sampai konfigurasi aplikasi tersebut.

Salah satu kendala terbesar para human being *termasuk saya* adalah kita bingung bila berinteraksi dengan layar hitam putih di komputer, karena kita nggak ngerti mau ngapain. Sebenarnya setiap perintah dilengkapi dengan manual atau bantuan yang bisa diakses melalui terminal, misal kita ingin mengetahui manual wget, maka bisa diketikkan di terminal:

$ man wget

atau bila memerlukan bantuan bisa ditambahkan opsi -h atau –help, misal:

$ wget -h

Masih banyak perintah2 dasar linux lain, bila memang berkenan, sampeyan bisa lgsg download di link:

http://upload.ugm.ac.id/740linux_full_command_reference.pdf

Tetapi ya itu, lebih dari 1000 halaman + bahasa inggris😀 tapi insyaALLAH ntar saya share deh perintah2 linuxnya cuman ya nggak semua, yang sering digunakan saja🙂

Silahkan tunggu episode berikutnya🙂

Written by apri

7 Juni 2010 pada 12:46

Ditulis dalam command & conquer, linux

Tagged with , , , , ,

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] Ditulis dalam command & conquer, linux oleh apri pada 7 Juni 2010 Sesuai dengan tulisan saya tadi siang, pertama-tama saya menulis serial Command and Conquer pada season satu ini *yaelah koyok sinetron […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: