Apri for Human Being

this is not my blog, this is my log ….

Seesmic, alternatif social networking client untuk ubuntu

with one comment

Sebenernya salah satu fitur baru yang ada di Ubuntu 10.04 Lucid Lynx adalah adanya satu aplikasisocial networking client yaitu Gwibber. Setelah mencoba beberapa waktu, jujur aplikasi ini aneh dimorking kata saya …. tenan koq, nggak seperti aplikasi social networking client kebanyakan yang saya temui di jendela atau gadget.

kebetulan di milis id-ubuntu ada yang nanyain dan beberapa orang menyarankan seesmic. namanya juga human being, lgsg saja saya buka terminal dan dengan pede mengetikkan:

sudo apt-get install seesmic

dan nongollah notifikasi bahwa tidak ada aplikasi dimaksud *plak*

merguru sebentar ternyata aplikasi ini dijalankan dengan bantuan Adobe Air. Lah trus nginstallnya piye? lah ini saya ajarin … wes … siap2:

pertama2 download dulu adobe airnya. Enaknya pake wget kyk yg kmrn saya ajarin *promosi* jadi buka terminal trus ketikken:

$ wget http://airdownload.adobe.com/air/lin/download/latest/AdobeAIRInstaller.bin

nah klo udah, bikin tuh file hasil download tadi executable … eerr boso indonesianya biar bisa dieksekusi, gini perintahnya:

$ chmod +x AdobeAIRInstaller.bin

Klo udah ya dijalanin, gini jalaninnya:

$ sudo ./AdobeAIRInstaller.bin

trus di accept aja terus, ikutin perintah. klo udah keinstall, ntar bakalan nongol di Application > Accessoris > Adobe AIR Application Installer. Klo udah selese, download seesmicnya, pake wget lagi😀

$ wget http://d.seesmic.com/seesmic/SeesmicDesktop-0.7.air

catetan: itu pas saya download versinya 0.7 loh, gak tau skrg. lebih jelasnya silahkan samperin lgsg ke http://seesmic.com/seesmic_desktop/air/

Nah, klo udah download piye? Yo diinstall to! Nginstalle piye? ogampang, buka Applications > Accessoris > Adobe AIR Application Installer, trus cari deh file Seesmic hasil download tadi. Wes beres, gampang to?

Lah koq shortcutnya ke desktop doank? Padahal pengene desktop tuh bersih biar bisa dipamerin ke org2 buat racun compiz wekekeke …. ogampang itu.

Di panel atas Gnome Menu (yang ada tulisan Application, Places sama System itu) klik kanan trus pilih edit menu. Trus di bagian Internet (atau mana saja sak karepe sampeyan), klik New Item. Trus Namenya kasih aja Seesmic, Trus commandnya silahkan di browse atau copas aja ini (tergantung td install Seesmicnya dimana):

“/opt/Seesmic Desktop/bin/Seesmic Desktop”

Trus buat icon-nya silahkan browse di /opt/Seesmic Desktop/share/icons/ …. wes to beres, tinggal di klik close udah nongol tuh di gnome menu hehehe.

Selamat mencoba yo, menurut saya sih karena berbasis air, Seesmic di ubuntu lebih ciamik daripada di jendela😀

Written by apri

2 Juni 2010 pada 14:37

Ditulis dalam ubuntu

Tagged with , , , , ,

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ngelmu dari sampeyan sudah saya terusken ke http://www.kluban.web.id

    atas nama komunitas linux banjarnegara (kluban), saya matur thank you pada sampeyan.

    gogon

    14 Januari 2011 at 20:24


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: