Apri for Human Being

this is not my blog, this is my log ….

Setting Modem USB Huawei E160 di Ubuntu 10.04 Lucid Lynx

with 4 comments

Salah satu alasan saya menggunakan linux adalah, dalam kernel linux sudah termasuk paket2 driver untuk mengenali hardware, sehingga sekali install, insyaALLAH hardware2 di mesin yang kita install linux tersebut sudah dikenal oleh OS.

Beda dengan Windows yang katanya powerfull tapi buat ngenalin hardware perlu mak comblang (baca: driver) lagi biar klop. Klo ndak, ya alamat hardwarenya ndak bisa dipake hehehe

*cukup sekian basa-basinya :P*

Tak terkecuali ubuntu yang support banyak hardware dalam setiap kernal bawaannya saat rilis. Dan semuanya dibuat mudah, sekali colok hardware lgsg dikenalin, klo nggak pasti nongol norifikasi trus dikasih opsi buat update drivernya … tapi hal itu jarang banget.

esebenernya saya udah seneng liat perubahan di si koala lucu yang sebenernya masuk ke masa transisi menuju si kucing LTS. Jadi saya pikir pasti nggak berubah banyak …. eternyata banyak perubahan …..

salah satunya ya soal pengenalan modem saya e160 yang sebelumnya bisa kedetek di si koala lucu, eh si kucing ini nggak mau ngenalin. Usut punya usut, ternyata udah dikenalin loh, ini bukti hasil perintah lsusbnya:

apriyanto@acer-timeline:~$ lsusb
Bus 008 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 007 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 006 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 005 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 004 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 003 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 002 Device 002: ID 12d1:1003 Huawei Technologies Co., Ltd. E220 HSDPA Modem / E270 HSDPA/HSUPA Modem
Bus 002 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub
Bus 001 Device 002: ID 04f2:b160 Chicony Electronics Co., Ltd
Bus 001 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub

Nah tuh nongol:

Bus 002 Device 002: ID 12d1:1003 Huawei Technologies Co., Ltd. E220 HSDPA Modem / E270 HSDPA/HSUPA Modem

eternyata di ubuntu dikenalin sebagai removable drive *doh* ada kelebihan dan ada kekurangan … kelebihannya jadi seperti di windows, file2 saya yg saya letakkan di microsd di dalam modem bisa dibaca *padahal di karmic, lgsg dideteksi sebagai modem* … kekurangannya, ya saya sebegai human being terpaksa bertransformasi menjadi alien dan merguru dulu ke si mbah.

setelah beberapa menit berguru, akhirnya dapet ilmu. ternyata kita mesti ngerubah mode usbnya dari mode removable disk ke mode modem …. lah trus piye? Berdasarkan ilmu yang saya dapet kita harus menggunakan paket usb-modeswitch. Paketnya ada 2 biji, pertama donlod yang ini:

http://packages.ubuntu.com/lucid/usb-modeswitch-data

install dulu, abis itu donlod dan install yang ini:

http://packages.ubuntu.com/lucid/usb-modeswitch

udah to beres? belum lah, ternyata mesti kita rubah dulu ke mode modem biar dikenalin di network manager. lah carane piye? sesuai dengan hasil lsusb diatas:

Bus 002 Device 002: ID 12d1:1003 Huawei Technologies Co., Ltd. E220 HSDPA Modem / E270 HSDPA/HSUPA Modem

ketikkan perintah berikut di terminal:

sudo modprobe usbserial vendor=0x12d1 product=0x1003

dari perintah diatas keliatan, bahwa vendor huawei berdasarkan id dari lsusb adalah 12d1 dan product modem ini idnya 1003. Yah gitu deh kira2 penjelasannya. Lah klo ga mau ribet tiap masuk ke ubuntu ketik perintah tadi piye carane?

otenang, silahkan ikuti berikut copas ke terminal:

sudo gedit /etc/modules

ntar klo udah kebuka di gedit tambahin aja baris berikut

modprobe usbserial vendor=0x12d1 product=0x1003

trus simpen deh, beres. skrg coba klik network manager di panel, pasti ada pilihan seting new mobile broadband connection xixixi …. simple toh … masih human being koq caranya, ga sampe jadi alien😛

selamat mencoba🙂

Written by apri

1 Juni 2010 pada 14:18

Ditulis dalam linux, ubuntu

Tagged with , , , , , , ,

4 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] Ditulis dalam gag jelas, ubuntu oleh apri pada 1 Juni 2010 Pas saya bikin artikel sebelumnya, pas saya nyari paketnya koq nemu beginian […]

  2. Ini yang saya cari2, matur nuwun sanget mas apri, moga tambah rejeki, dan bener2 bisa beli rumah di swiss, amiin

    aan

    4 Juni 2010 at 19:28

    • amiin, sami2 matur nuwun dungane😀

      apri

      5 Juni 2010 at 09:11

  3. Semoga bisa dicoba dalam waktu dekat, berhubung modemnya dipake anak buat main playhouse disney.

    mautauaja

    23 Juni 2010 at 14:37


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: